Resep Beef Pepper Rice

Suka sama Pepper Lunch? Sekarang harganya udah ga ramah di kantong (daridulu sih). Tapi gimana dong? Rasanya enak sih. Eh, ternyata bisa bikin sendiri di rumah & bahan-bahannya mudah didapat. Resepnya ada dimana-mana. Duh kemana saja diriku ini? Hahaha Read more

Advertisements

Youn’s Kitchen Hotteok

Siapa yang nonton Youn’s Kitchen? Dari season pertama, k-show ini sukses bikin aku kepingin masak masakan Korea. Hahaha. Di season kedua ini, Youn’s Kitchen juga menyediakan dessert yaitu Hotteok. Berarti, resepnya sudah pasti ada di youtube.

Read more

Resep Pelasan Teri

Kali ini, aku mau share resep makanan yang pertama kali aku makan. Katanya sih ini masakan khas Banyuwangi, soalnya di daerah asal aku, Kediri, aku belum pernah makan. Ini juga bukan aku juga yang masak, aku makan doang. Hehehe. Oiya, resepnya aku ambil dari kumpulan resep masakan Bu Lilik Herunarko. Jadi langsung aja ya.

Pelasan Teri ini juga disebut Pepes Teri, tapi ya gitu ga pake kelapa & bawang merah bawang putih. Aku langsung tulis resepnya aja ya, kalau misalnya bahannya terlalu banyak, nanti sesuaikan aja pas kalian masak, ini sebagai base recipe nya.

Bahan:

  • 1 kg teri medan basah
  • Daun pisang

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1/2 kg cabe merah
  • 100 gr cabe rawit
  • 2 buah tomat
  • 1 sdm asam jawa (bisa diganti dengan belimbing wuluh)
  • 2 blok kecil gula jawa
  • 1 sdm terasi
  • 1 sdm minyak jlantah (minyak bekas)
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Giling semua bumbu halus.
  2. Campurkan bumbu ke dalam teri, ratakan, & tes rasa.
  3. Kukus Pelasan Teri hingga matang. Kemudian bakar diatas api supaya dapat rasa smokey.
  4. Siap dihidangkan.

Betewe, Pelasan Teri ini enak dimakan dengan nasi hangat. Awalnya aku kira rasanya bakal asin banget, soalnya ini ikan teri kan. Ternyata teri basah itu rasanya ga seasin yang udah kering ya. Rasa Pelasan Teri nya lebih ke manis gurih, ada asem-asemnya dikit banget. Enak lah, makin banyak khazanah kuliner yang bisa aku coba. Indonesia punya banyak banget makanan khas.

Selamat Mencoba

Reli

Nyobain “3 Ingredients Oatmeal Cookie”

Alhamdulillah, akhirnya ada oven listrik baru di rumah. Oven listrik yang datang ini adalah Kirin KBO 190-RAW warna putih. Agak kzl waktu datang, karena ovennya agak penyok di bagian atas. Tapi yaudah lah ya, engga papa. Ngga bikin fungsinya berkurang, tapi bikin visualnya kurang bagus aja. Karena ga sabar nyobain pakai oven, maka cari lah resep yang gampang & anti gagal. Dan resep itu adalah 3 Ingredients Oatmeal Cookie.

Read more

Resep Telur Kecap

Semasa kuliah, Telur Kecap adalah salah satu menu yang pernah aku beli di Warung Bali Fatimah, terutama kalo bosen sama menu ayam. Terus dulu sempet bikinin Telur Kecap buat bekel Bojo, sekarang kepingin lagi. Hehehe. Untung bikinnya simpel. Hamba belum sanggup masak yang susah-susah.

Read more

Fusion Spring Roll

Impulsive buying. Ya, aku impulsif untuk beli sesuatu kalo lagi kepingin. Salah satunya ya ini, Rice Paper, kulit lumpia ala Vietnam. Niat banget lo aku beli, soalnya udah kepikiran mo bikin ini itu, soalnya kayaknya gampang banget. Tapi tetiba malas karena saus nya pake hoisin sauce. Terus aku males bikin sausnya kan, jadinya ya ini Rice Paper terbengkalai berbulan-bulan.

Read more

Resep Nasi Briyani

Ada sisa beras basmathi di rumah & ibu kepingin nasi briyani. Bojo juga suka nasi briyani, jadi ya googling dulu resepnya. Dapat resep dari cookpad & sedikit modifikasi, jadilah nasi briyani ala-ala. Kenapa ala-ala? Karena ga pake ayam atau kambing, tapi pakai daging sapi. It’s okay lah, engga fail juga. Hehehe Read more

DIY Mask & Cleanser for Oily / Acne Prone Skin

Kan, lagi-lagi ga istiqomah nulis. Susah ya ternyata jadi Dedicated Blogger. Istiqomahnya yang susah, hahay. Mumpung ada waktu luang, disempet-sempetin lah nulis. Padahal biasanya nonton drama atau variety show Korea…

Tulisan kali ini inspired by Mariana, yang kemaren-kemaren bikin DIY Face Cleanser yang ternyata dari oat & teh hijau doang. Ternyata eh ternyata, setelah nyoba bikin dikit (untuk pemakaian seminggu), kulitku engga rewel. Berarti cocok dong ya. Alhamdulillah!

Emang kemana sabun yang kemaren dipake terus cocok itu (Naufa soap dari Avoskin)? Masih ada kok, cocok. Cuma udah keburu nyobain ini dan udah jatuh cinta sama hasilnya. Hahaha. Masih dipakai juga kok, untuk bersihin muka di malam hari. Jadi sekarang pake cleanser dobel-dobel deh.

Apa aja sih bahannya? Cuma 2 macam, gampang didapat dan harganya pun murah mursidah. Oat, aku pakai Quaker Instant Oatmeal. Kenapa? Karena itu yang ada di rumah dan (sepertinya) nganggur lama di kulkas. Kalau pakai Bob’s Mill juga boleh, tapi mahalan. Kalau di aku, Quaker ini juga efeknya udah bagus kok. Kalau untuk teh hijau, pakai yang bentuknya masih daun, aku pakai yang Kepala Djenggot. Sebungkus kecil harganya cuma 4-5 ribu rupiah aja.


Bahan: (untuk pemakaian sekitar 2 minggu)

  • 8 sdm Oat
  • 2 sdm Teh Hijau

Cara Membuat:

  • Siapkan blender Dry Mill
  • Masukkan semua bahan ke blender. Blend hingga halus
  • Voila, face cleanser-nya jadi deh

FAQ:

Terus gimana hasilnya di kulit?
Aku pake sekitar 2-3 minggu. Kalau di aku, minyak lebih terjaga. Waktu PMS, jerawat ga menggila. Kemaren abis breakout gara-gara ga cocok sama night cream merk B, breakoutnya cepet reda.

Kenapa resepnya cuma untuk pemakaian 2 minggu?
Karena awalnya aku cuma coba-coba dan ternyata cocok. Kalau mau bikin lebih banyak bisa kok, pakai takaran 8:2 untuk Oat & Teh Hijau. Kenapa harus 8:2 bisa dilihat disini ya.

Beneran pakai Cleanser/Masker ini doang muka bisa cling?
Yakali bisa langsung cling pake ini doang. Pemakaian cleanser/masker ini tetep dibarengi sama pemakaian skincare yang biasanya kok. Tetep rajin peeling seminggu sekali, rajin pake pore-pack, dan rajin maskeran.

Kalau abis pake Make Up, bisa pake cleanser ini aja?
Aku saranin sih double cleansing. Kalau single cleansing kurang nampol. Kalau aku sih pake Pixy Cleansing Express / Garnier Micellar Water dulu, baru cuci muka pake cleanser ini.

Jadi, ga ada salahnya kok kita pakai Cleanser/Masker buatan sendiri, bahkan hasilnya bisa lebih bagus dari buatan pabrik. Ayo jangan malas merawat wajah, karena dengan rajin merawat wajah dengan benar, wajah cling bukan hanya impian. (Berasa iklan MLM :)) )

Thank You

Reli