Sebelumnya, aku udah pernah bikin post tentang skincare routine. Menurutku itu udah ga relevan, soalnya aku masih sering ganti-ganti beberapa produk skincare & kondisi kulit juga berubah seiring dengan bertambahnya usia (masih denial kalau udah mau masuk umur 30an). Kali ini bakal aku pisah antara pagi & malam, karena aku ga mau bikin post yang terlalu panjang. Terus biar aku ga misqin post.

Oiya, karena aku sempat di Kediri selama hampir 2 bulan. Aku ngerasain kulit makin halus & engga jerawatan. Jerawatan pun cuma satu dua. Begitu balik Bekasi (& nyobain Niacinamide), kulitku langsung beruntusan bin jerawatan. Sepertinya harus adaptasi sama cuaca & air di Bekasi. Huhuhu. Alhamdulillah sekarang sudah agak baikan, walaupun masih ada jerawat hormonal yang gede-gede.

Jenis kulitku acne prone, gampang banget jerawatan. Morning Skincare Routine aku masih biasa aja kok, ga ada yang neko-neko. Basic banget, mulai dari cleansetonemoisturizeprotect. Kalau lagi males banget, at least harus cleanse & protect.

Cleanse

Kulit yang bersih itu sangat penting. Kalau kulit kita kurang bersih, bisa-bisa nanti malah jerawatan. Apalagi kulitku yang gampang jerawatan ini, langkah bebersih kulit itu penting banget. Oleh karena itu, setiap kali membersihkan kulit, membersihkannya harus menyeluruh.
Setiap bangun tidur (& kalau ingat), aku membersihkan kulit dulu dengan micellar water. Aku pakai Garnier Micellar Cleansing Water yang biru. Jangan dikira, kalau bangun tidur, kulit kita engga bakal kotor, ternyata ada warna kecoklatan di kapas. Dan yang paling banyak kotornya biasanya bagian leher.
Setelah dibersihkan dengan micellar water, dilanjutkan dengan cuci muka dengan sabun. Sabun muka yang aku pakai sih gonta-ganti. Sekarang aku pakai COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Gel cleanser ini lembut banget untuk muka, ga bikin kering & ketarik. Ini adalah cleanser termahal yang pernah aku beli. Pingin banget nyobain Krave Beauty Matcha Hemp Cleanser, tapi lebih mahal. Sepertinya aku akan mikir ratusan kali untuk beli cleanser mahal. Hahaha

Tone

Inj merupakan salah satu step yang cukup penting, untuk mengembalikan kelembaban wajah. Aku balik lagi pake Hada Labo Ultimate Moisturizing Light Lotion. Agar lebih nampol, tonernya aku campur dengan minyak Holy Grail, Tamanu Oil.

Jadi, Hada Labo-nya aku pindahin ke botol spray. Kira-kira sebanyak 30ml, kemudian aku mix dengan Tamanu Oil sebanyak 3 tetes. Aku udah coba campuran ini sudah hampir dua minggu. Alhamdulillah cocok di kulit. Aku senang.

Moisturize

Sebelum pake moisturizer, kalau ada jerawat, aku pakai Dermaluz Acne Spot Treatment. Untuk ngobatin jerawat batu yang sakit banget. Baru setelah itu aku pake moisturizer. Holy grail aku masih Avoskin Intensive Divine Day Cream. Pernah aku ganti day cream, tapi bikin kulit beruntusan. Jadi ya aku belum berani ganti day cream.

Protect

Ini adalah langkah yang engga boleh di skip. Pake sunscreen adalah wajib, walaupun kita seharian ada di dalam ruangan. Sinar UV itu jahat kawan, dia yang bikin kulit kita menua & bisa memicu kanker kulit.

UV B adalah sinar UV yang bikin kulit kita menggelap, di produk sunscreen, kita lihat bagian SPF nya ya. Kalau untuk daily, SPF 30 itu cukup. Kalau sehari-hari ada di dalam ruangan terus, SPF 15 pun udah cukup. Kalau mau pakai yang SPF 50 pun gapapa, cuma ya balik lagi ke kondisi kulit masing-masing. Kata Liah Yoo, kulit yang gampang jerawatan sebaiknya jangan pakai SPF yang terlalu tinggi.

UV A adalah sinar UV yang bikin kulit kita menua. Ga semua sunscreen yang ada di Indonesia mencantumkan PA. Padahal ini yang penting, katanya sinar UV A bisa menembus ke lapisan dermis. Tidak seperti UV B yang hanya sampai permukaan kulit. Btw, UV A lebih jahat daripada UV B.

Sunscreen yang aku pakai itu Skin Aqua UV Moisture Gel. Perlindungannya SPF 30 & PA ++. Menurutku ini lebih dari cukup untuk daily. Untuk mencapai perlindungan sunscreen sesuai dengan angka SPF & PA, jumlah pemakaiannya pun harus tepat. Dulu aku pakai sunscreen itu dikit, karena aku kurang suka rasanya di kulit ketika pake sunscreen. Ternyata itu kurang & ga mungkin bisa melindungi seluruh wajah. Makanya sekarang aku pake 2 layer, supaya perlindungannya bener-bener SPF 30.

Yang satu ini juga jangan sampai terlupa, pakai lip balm. Aku lebih suka yang ada SPF nya, biar bibirku yang gelap ngga tambah gelap. Lip balm favorit aku, Sebamed Lip Defense SPF 30. Teksturnya persis banget sama L’Occitane. Pernah juga pake Maybelline Baby Lips, Viva, Khalisa, tapi mereka semua ga senyaman Sebamed.

Ok, sekian dulu 2018 Morning Skincare Routine. Kirain ga bakal panjang, eh ternyata panjang uga. Inga-inga, pakai skincare itu sesuai dengan kondisi kulit yha. Dan produk yang aku pakai belum tentu cocok buat semua orang, karena skincare itu cocok-cocokan.

Thanks

Reli

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s