Kalau di Kediri sih, liburannya ya ke tempat itu-itu aja. Salah satunya ya Candi Penataran Blitar. Selain jaraknya cukup dekat, hanya 1 jam perjalanan, akses perjalanan kesana juga cukup mudah. Keluargaku sudah sangat sering kesini. Kalau untuk Rehan, ya jelas pertama kali kesini.

Masuk ke area Candi Penataran, kami harus bayar biaya parkir mobil 10k idr agak jauh dari area. Tapi entah kenap pas di area parkir mobil kok dimintai uang parkir lagi "seikhlasnya" sama tukang parkirnya. Untuk ke area candi, kami harus berjalan kir-kira 100m. Di sepanjang jalan 100m itu ada banyak penjual kaki lima yang jual aneka snack. Kami cukup beli Es Jeruk Peras saja.


Setelah masuk ke area Candi Penataran. Pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu. Ga harus semua, cukup perwakilan. Kemudian kami harus bayar, mungkin retribusi, seikhlasnya, dan ga ada tiket masuk.


Karena musin liburan, jadi pengunjungnya lumayan banyak. Banyak juga yang gelar tikar sambil makan bekal yang dibawa dari rumah. Anak kecil berlarian kesana kemari. Banyak pengunjung yang naik ke atas candi. Kayaknya sih engga dilarang deh.

Area Candi Penataran memang ga seluas Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Namun candinya masih terawat dengan baik dan sangat kental dengan nuansa kerajaan. Nuansa Kerajaan Majapahit mungkin, soalnya di area Candi Penataran banyak pohon buah Maja.

Oia, buat yang belum tahu. Candi Penataran merupakan Candi Hindu. Hal ini banyak dilihat dari patung-patung & relief candi nya. Sepertinya bentuk candi juga berpengaruh. Tiba-tiba ingat pelajaran sejarah, kalau candi berbentuk stupa adalah Candi Buddha, kalau yang meruncing seperti ini adalah candi Hindu. *cmiiw



Area candi seperti ini memang panasnya sangat terik, sulit mencari tempat berteduh. Harus dibayangan candi atau menepi ke pinggir untuk mencari pohon rindang untuk sekedar berteduh. Lebih baik pakai topi atau payung untuk sekedar melindungi diri dari sinar matahari, kalau perlu pake sunblock juga.

Aniway, kalau cari wisata sejarah yang murah meriah, dekat, & aksesnya mudah di wilayah Kediri. Bisa lo ke Candi Penataran. Kemarin aku juga lihat, ada yang mau foto pre-wedding disini juga. Tempatnya engga mengecewakan kok. 

Thanks

Reli

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s